YANG TERJADI PADA TUBUH KETIKA BERJALAN KAKI

1 – 5 MENIT

Langkah-langkah pertama kaki Anda memicu pelepasan enerji, memproduksi senyawa kimia dalam sel-sel, yang merupakan bahan bakar perjalanan Andan. Denyut jantung meningkat dari sekitar 70 ke 100 detak per menit, aliran darah semakin cepat, dan otot mulai panas.

Rasa kaku akan hilang ketika sendi melepaskan cairan pelumas. Cairan tersebut berguna untuk mempermudah gerakan. Ketika Anda terus berjalan, tubuh membakar 5 kalori per menit, bandingkan dengan hanya satu kalori per menit ketika istirahat. Tubuh Anda memerlukan lebih banyak bahan bakar dan mulai mengambil cadangan karbohidrat dan lemak yang ada di dalam tubuh.

6 – 10 MENIT

Denyut jantung meningkat dari 100 hingga 140 detak per menit. Kalori yang terbakar setiap menit juga meningkat, menjadi 6 kalori per menit. Tekanan darah yang sedikit meningkat diantisipasi dengan pelepasan bahan kimia yang memperlebar pembuluh darah. Dengan begitu, darah dan oksigen yang mengalir juga lebih banyak, terutama untuk menggerakkan otot.

11 – 20 MENIT

Suhu tubuh mulai naik, dan Anda mulai berkeringat. Seiring dengan itu, pembuluh darah dekat kulit juga melebar karena melepaskan panas. Ketika langkah kaki Anda semakin cepat, kalori yang terbakar bertambah hingga 7 kalori setiap menit, napas pun semakin berat. Hormon-hormon seperti epinephrine dan glucagon, yang berfungi mengatur metabolisme karbohidrat, protein dan lemak akan meningkat karena melepaskan bahan bakar untuk otot.

21 – 45 MENIT

Mulai timbul perasaan segar, rileks dan FRESH!. Seiring dengan itu, tubuh juga melepaskan ketegangan. Ini karena terjadi pelepasan senyawa kimia seperti endorphin dalam otak. Selain itu, lemak yang terbakar juga semakin banyak, insulin (yang membantu menyimpan lemak) menurun. Dan ini adalah kabar baik untuk Anda yang sedang bertempur melawan kelebihan berat badan dan diabetes.

Selamat berjalan KAKI..!!